BUPATI ANAS : BANYUWANGI “SUN RISE OF JAVA”

Banyuwangi - Bupati    Abdullah    Azwar Anas menyatakan, sebagai  wilayah  paling ujung Pulau Jawa, Banyuwangi merupakan daerah per tama   yang  merasakan  mata hari  terbit. Bahkan  secara alami, matahari terbit dari ujung timur menuju barat. “Karenanya, Banyuwangi  me rupakan  Sun  Rise  of  Java,” kata H. Abdullah Azwar Anas. Sehingga tidak berlebihan bila dinyatakan oleh Kang Anas ,sebutan akrab Bupati Banyuwangi , kalau  Jawa Timur tidak mau kalah dengan Jawa Barat yang bangga punya Ujung Kulon dan terkenal dengan binatang badak bercula satu. Karena ada Banyuwangi yang menjadi daerah paling ujung timur Pulau Jawa. Tak berlebihan jika daerah yang mempunyai sejuta pesona pariwisata menyebut dirinya ‘Sun Rise of Java’

Dia sepakat dengan kalimat yang   cukup   filosofis  seperti yang pernah disampaikan Gubernur   Jatim    Soekarwo itu. Apalagi Banyuwangi diproyeksikan menjadi salah satu kota tujuan wisata setelah Malang. Kota Gandrung,  sebutan  untuk  Kabupaten Banyuwangi, ini memiliki  dua obyek wisata internasional karena daya tariknya yang cukup eksotis, yaitu Pantai Plengkung dan Kawah Ijen.

Pantai Plengkung dikenal dengan    ombak   pantai    selatan  yang  cocok dengan  penghobi surfing. Ombaknya yang memiliki     tinggi    sekitar   3 meter   dengan   panjang  pan tai  membentang sekitar 2 kilometer lebih  itu cukup  ter kenal,  tak hanya  di Indonesia, tapi juga manca negara.  Eksotisme pantai ini hampir se­ banding  dengan  ombak untuk surfing di Kota Hawai, Amerika Serikat.

Selain   dua   lokasi   wisata yang eksotis itu, Banyuwangi yang kaya akan budaya asli ini juga menawarkan sejumlah ritual  budaya,  yakni  kebo­ keboan dan ndok­ndokan.

Tak   hanya    objek    wisata yang terkenal, kabupaten yang dipimpin bupati  termuda di Indonesia ini  juga mempunyai kekayaan alam  berupa perkebunan   dan  pertanian. Untuk pertanian memiliki lahan sekitar 90 persen  dan juga sektor  perkebunan. Pada  sektor pertanian yang menjadi garapan  Pemkab   yakni  pada sisi pengembangan agribisnis.

Hasil  perkebunan dan  pe tanian seperti buah­buahan jeruk, semangka maupun palawija kedepan  bisa  memberikan nilai tambah  bagi kalangan petani.  "Kita terus melakukan revitalisasi pertanian," katanya.

Banyuwangi sendiri secara geografis memiliki letak yang cukup strategis. Kedekatan lokasi  dengan   Pulau   Dewata Bali bisa  jadi  menarik   minat wisatawan     di    sana    untuk turut mengunjungi obyek wisata andalan Banyuwangi. Dengan fasilitas yang sudah mumpuni seperti infrastruktur transportasi laut dan udara maka jarak  yang jauh  itu nampak begitu dekat.

Infrastruktur penunjang itu berupa Bandara   Blimbingsari yang berusia  belum satu tahun diresmikan serta  Pelabuhan Ketapang yang  menjadi jalur utama  transportasi dari dan menuju Bali.

 Bupati yang pernah menjadi anggota   DPR  RI  ini  mengatakan,  beberapa agenda  yang masih terus direalisasikan diantaranya konsolidasi  di internal  birokrasi. Selain   itu membangun stabilitas biro krasi dan menjadikan legislatif sebagai mitra penting dalam membangun daerah.

Konsolidasi birokrasi itu antara lain untuk menyegarkan birokrat itu  sendiri  pada jabatan tertentu, selain itu juga perlu  penempatan birokrat yang  harus  berdasarkan right man  on  the  right  place. Soal itu bahkan kata dia sempat dibahas dalam rapat Presiden Susilo   Bambang   Yudhoyono,yang menyinggung kepala daerah diharapkan tidak menjadi penghambat birokrasi ketika  ada investasi  yang akan masuk.

Pemkab Banyuwangi kini juga  memprioritaskan adanya pelayanan   publik    sebanyak 18 macam.  Diantaranya yakni pelayanan KTP dengan  biaya murah   Rp  5  ribu  dan  cepat hanya  5 menit.  Sehingga  masyarakat tidak  perlu susah­ susah  dan  menghabiskan banyak waktu untuk sekadar mengurus KTP.

Potensi kekayaan dan sumber daya alam

1.  Plengkung

Plengkung  atau yang dikenal  oleh wisatawan

mancanegara dengan nama G­Land merupakan surga bagi para peselancar profesional dari dalam negeri ataupun mancanegara. G­Land dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. G­Land menawarkan olahraga surfing yang paling digemari para pesurfer.

2.  Watudodol

Obyek wisata ini berada di wilayah administrasi

Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, letaknya yang berada di  perlintasan jalur yang menghubungkan Banyuwangi  dan    Situbondo membuat obyek wisata ini sangat mudah diakses.

3.  kaWah ijen

Wisata Kawah Ijen berada di ketinggian 2.386m Blimbingsari  terkenal dengan ikan bakarnya.  Para pengunjung dapat  menikmati keindahan pantai dan upacara petik laut Blimbingsari yang biasanya diadakan setiap bulan Suro.

4.  Pulau merah

Pulau Merah adalah sebuah pulau berbentukbukit kecil dekat pantai dengan pantai berpasir putih sepanjang  kurang lebih 3 km. Pantai Pulau Merah juga memiliki ombak yang bagus untuk surfing.

5.  Pantai BlimBingsari

Pantai  Blimbingsari   terletak  di  KecamatanRogojampi, kira ­ kira 23 km dari Banyuwangi kota.

pesona  Grajagan. Wisatawan  dapat   membeli beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan.

6.  Pantai sukomade

Jarak Pantai Sukomade   kira­kira  97 km  kearah  barat  daya dari kota Banyuwangi.   Pantai Sukomade merupakan pantai yang tenang dan indah. Pengunjung dibimbing pemandu penjaga hutan untuk melihat penyu yang mendarat ke pantai dan bertelur di pantai pasir.

7.  Pantai grajagan

Grajagan merupakan pantai yang menarik untuk dikunjungi.  Pantainya luas  diselimuti  oleh pasir bersih. Pemandangan kampung nelayan menambah pesona  Grajagan. Wisatawan  dapat   membeli beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan.

1.  Bidang Pertanian

Luas areal pertanian di Banyu wangi memungkinkan  sektor ini di tanami tanaman pangan, perkebunan dan   hortikultura serta   budidaya perikanan dan peternakan.

2.  PertamBangan dan Penggalian Sektor ini banyak dijumpai di Kecamatan Songgon,  Wongsorejo,  Singojuruh, Glenmore, dan Purwoharjo.

3.  industri Pengolahan Kegiatan  merubah bahan baku menjadi   barang   setengah   jadi atau barang jadi ini bisa ditemui di Kecamatan  Srono, Rogojampi, Mun car, Genteng dan Kabat.

4.  listrik, gas dan air

Populasi usaha ini keberadaannya sangat terbatas. Tidak seluruh kecamatan  di  Kabupaten Banyuwangi bisa ditemukan usaha ini. Umumnya di Kecamatan  Songgon,  Glenmore, Kalibaru, Kalipuro, dan Licin.

5.  Bahan galian tamBang

Laut wilayah  Kabupaten  Banyuwangi   terdapat   potensi   bahan galian tambang yang cukup besar. Potensi sumberdaya  kelautan yang telah  dimanfaatkan masyarakat adalah pasir kuarsa, andesit, kaolin, batugamping, tras,  lempung, dan pasir besi di sepanjang pantai Keca matan Kalipuro, Kecamatan  Purwo­ harjo, dan  Kecamatan Bangorejo. Selain itu  di  perairan Kabupaten Banyuwangi  terdapat mineral  berat dan mineral ringan.

6.  Potensi migas

Berdasarkan hasil rekaman seismik di Perairan Selatan Banyuwangi memperlihatkan adanya lapisan sedimen yang cukup  tebal. Ini dimung kinkan terdapat potensi migas di se latan Kabupaten Banyuwangi belum teridentifikasi.

7.  Potensi Perikanan dan FisheryPark

Potensi perikanan dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatannya. Pada hasil ikan tangkapan  komoditi ekspor yaitu seperti ikan tuna, udang, diperlukan  transportasi yang lebih cepat. Disiapkan  pelabuhan udara di Blimbingsari, serta merencanakan pelabuhan ikan  di  pantai  timur Banyuwangi.

dpl, merupakan  kawah danau terbesar di pulau Jawa, kawah berbentuk ellips dengan ukuran kurang lebih 960 x 600 m dengan ketinggian permukaan air danau kurang lebih 2140 m dpl dengan kedalaman danau kurang lebih 200 m serta merupakan danau terasam didunia  dengan ph 0,5. Kawah belerang berada dalam sulfatara yang dalam.

8.  teluk hijau

Teluk hijau berada di kecamatan Pesanggaran.

Pemandangan yang indah dan alami dapat dilihat sepanjang mata memandang. Udara segar dari pantai yang dipadu dengan  udara dari hutan hujan tropis Taman Nasional Meru Betiri sangat mengesankan.

9.  air terjun selogiri

Air Terjun  Selogiri  cukup  memiliki  daya tarik dengan keindahan air terjun Selogiri terletak  pada tempatnya yang alami. Air  mengucur   dari atas tebing diantara pepohonan yang rimbun, seolah para pengunjung berada di kanopi dengan air terjun di dekatnya. (Humas),