Bupati Anas Bagikan Kendaraan Layanan Masyarakat ke NU Banyuwangi

Banyuwangi - Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Pemkab Banyuwangi menggandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Banyuwangi. Kerjasama tersebut dengan memberikan mobil operasional layanan kemasyarakatan sejumlah lima buah.

"Mobil layanan ini, dipergunakan untuk membantu masyarakat miskin yang kebingungan mencari kendaraan saat akan ke rumah sakit atau pengobatan lainnya," ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat penyerahan di tengah-tengah Halaqah Ulama dan Kiai di PP. Mabadiul Ihsan, Minggu sore (29/12/2019).

Dengan mobil layanan tersebut, imbuh Anas, diharapkan semakin meluasnya akses layanan terhadap masyarakat. "Jangan sampai, sudah ada mobil layanan, masih ada kabar warga NU keguguran saat hamil karena telat menunggu ambulance menuju rumah sakit," tegas Anas.

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi KH. Muhammad Ali Makki Zaini menempatkan lima mobil layanan tersebut di lima MWC NU. Antara lain MWC NU Wongsorejo, Kabat, Cluring,  Purwoharjo dan Kalibaru.

"Kami berharap, mobil ini bisa semakin membuat pengurus NU memberikan layanan kepada pihak yang tak terlayani, menjangkau masyarakat yang tak terjangkau," ungkap Gus Makki, sapaan karib Ketua PCNU Banyuwangi.

Gus Makki juga mewanti-wanti, jika mobil tersebut sampai digunakan tidak sesuai mestinya. "Kita akan evaluasi. Jika sampai ada penyimpangan, maka mobil akan kami cabut," ujarnya.

Saat ini, tambah Gus Makki, baru lima MWC NU yang mendapatkan. Ia mengungkapkan, jika hal ini berjalan lancar, maka pada tahun depan akan ditambahkan ke seluruh MWC NU yang sejumlah 25. "Doakan saja, semoga tahun depan bisa semua MWC dapat memiliki mobil layanan," katanya.

Selain PCNU Banyuwangi, mobil layanan juga diperbantukan kepada organisasi keagamaan lainnya. "Muhammadiyah, Bamag dan sejumlah ormas lainnya juga bakal dapat mobil layanan. Hanya jumlahnya saja yang berbeda," ungkap Sekretaris Daerah Pemkab Banyuwangi Mudjiono. (*)