Bupati Anas Ajak Pemuda Untuk Berdaya Secara Ekonomi

BANYUWANGI – Pada moment Peringatan Sumpah Pemuda hari ini (28/10/2019) Bupati Abdullah Azwar Anas mengajak segenap pemuda untuk berdaya secara ekonomi. Salah satunya dengan terjun ke sektor kreatif yang saat ini ekosistemnya sangat mendukung dengan adanya kemajuan teknologi dan pasar yang terbuka.  

Dikatakan Anas, di tengah  perkembangan jaman yang serba canggih ini anak-anak dituntut mampu bersaing dalam bentuk apapun, termasuk dalam bidang ekonomi. Pemuda harus lebih kreatif untuk memiliki daya saing.

“Sudah tak jamannya lagi anak muda sekarang hanya fokus mencari pekerjaan, tetapi bagaimana menciptakan lapangan kerja. Dalam hal ini, inisiatif dan kreatifitas pemuda harus tumbuh,,” kata Anas.

Selain kreatifitas, Anas menambahkan yang dibutuhkan oleh pemuda adalah mental yang kuat dan handal. Pantang menyerah dalam menghadapi setiap kesulitan.

“Karena tidak ada sesuatu yang instan, semua butuh perjuangan dan pengorbanan. Tapi harus yakin pemuda yang kreatif diiringi dengan mental yang mumpuni bakal menjadi sosok yang besar dan membawa perubahan minimal bagi dirinya sendri dan orang-orang disekitarnya,” imbuh Anas.

Lebih dalam Anas juga mengatakan, untuk menuju anak-anak yang kreatif sejak dini juga dibutuhkan peran banyak pihak mulai keluarga, sekolah dan pemerintah.

"Kita harus bergandengan tangan bersatu untuk menggerakkan dan membangun pemuda yang tangguh. Kami yakin dan optimis kreativitas pemuda mampu membawa bangsa berkompetisi dan memenangkan persaingan,” kata Anas.

Sementara itu pada upacara peringatan sumpah pemuda yang digelar di Taman Blambangan Bupati Anas juga menyampaikan pesan dari Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) salah satunya, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” ucapnya.

Upacara sumpah pemuda kali ini, diikuti dari berbagai elemen, mulai veteran, TNI/Polri, dan pelajar dan Aparatur Sipil Neagra (ASN). Di tengah-tengah peserta upacara sekelompok anak-anak muda yang mengenakan pakaian adat nusantara. Mereka tampaka antusias memperingati hari sumpah pemuda. “Sumpah pemuda bagi kami adalah moment yang istimewa, dimana kita bisa meneladani semangat para pendahulu kita untuk membangun bangsa ini. Dengan tekad yang kuat kami sepakat untuk mengisi hari depan kami dengan hal yang positif dan kreatif,” kata Ostin Al Farizi, siswa SMAN I Giri. (*)