Buka Rakerda IPHI, Bupati Anas Ajak Jaga Kesejukan Banyuwangi

Banyuwangi - Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) serta pengukuhan Pengurus Cabang IPHI se Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Senin (28/10/2019). Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

 

Dalam sambutannya, Anas mengajak organisasi para haji tersebut, untuk turut menjaga kedamaian dan kesejukan Banyuwangi. "Jangan sampai kerukunan yang telah terjalin, baik antar agama dan antar golongan, terganggu karena perbedaan faham keagamaan," ajak Anas.

 

IPHI yang menaungi orang-orang yang usai melaksanakan ibadah haji itu, merupakan ormas yang terdiri dari banyak unsur. Keberagaman latar belakang sosial itulah, yang diharapkan oleh Anas menjadi modal IPHI untuk menjaga kerukunan tersebut.

 

"Keberagamaan identitas sosial ini, perlu dijadikan oleh IPHI untuk berkecimpung di tengah masyarakat," imbuhnya.

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Banyuwangi H. Slamet. Anggota IPHI yang tersebar di seluruh pelosok desa bisa menjadi agen aktif meningkatkan keamanan di tengah masyarakat.

 

"IPHI harus melestarikan kemabruran haji. Jika ini terjaga, maka Indonesia akan aman. Karena haji hampir ada di setiap desa," tegas Slamet.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah IPHI Teguh Sumarno mengapresiasi peranan Pemda Banyuwangi dalam menyukseskan penyelenggaraan jamaah haji. Seperti halnya membantu transportasi jamaah haji Banyuwangi menuju ke Asrama Haji Sukolilo di Surabaya.

 

"Terima kasih atas berbagai bantuan yang telah Pemda Banyuwangi berikan setiap pelaksanaan jamaah haji," ungkapnya. (*)