BAPPEDA SELENGGARAKAN MUSRENBANG RPJPD 2005-2015

Banyuwangi-  Untuk mendapatkan masukan dan komitmen para pemangku kepentingan pembangunan daerah sebagai bahan penyempurnaan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) menjadi rancangan akhir RPJPD, hari ini (25/4) dilangsungkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Kabupaten banyuwangi tahun 2005 – 2025 di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. “ Diharapkan rancangan akhir RPJPD akan memberikan arah terhadap strategi pembangunan daerah, sasaran dan arah kebijakan serta prioritas pembangunan daerah selama 20 tahun,” demikian pengantar  yang diberikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Banyuwangi Ir. H. Suhartoyo, SH, M.Si dalam laporannya. Nantinya RPJPD menjadi landasan penyusunan semua dokumen operasional perencanaan pembangunan daerah kabupaten Bnayuwangi, baik rencana pembangunan lima tahunan daerah maupun dokumen perencanaan tahunan.

Perumusan RPJPD dimulai sejak akhir maret lalu dengan melaksanakan forum konsultasi publik dengan seluruh pemangku kepentingan mengenai visi, misi dan sasaran pokok serta arah kebijakan pembangunan daerah. Perumusan itu dilakukan oleh tim Bappeda bersama tim ahli dari Universitas Brawijaya melalui 8 kegiatan yaitu pengolahan data dan informasi, penelaahan RTRW dan kabupaten sekitar (Jember, Situbondo, dan Bondowoso), analisis gambaran umum kondisi kabupaten Banyuwangi, perumusan permasalahan pembangunan daerah, penelaahan RPJP Nasional RPJPD Provinsi Jawa Timur,  analisis isu-isu strategis,  Perumusan visi dan misi daerah Kabupaten Banyuwangi serta Perumusan arah kebijakan.

Musrenbang ini dilaksanakan untuk mengumpulkan aspirasi dari para peserta dengan membentuk forum diskusi yang dibagi atas tiga kelompok. Dari situ peserta bisa langsung menambahkan atau mengoreksi RPJPD kepada perwakilan tim Bappeda dan tim ahli dari universitas Brawijaya.

Sementara itu Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko, S.sos dalam sambutannya meminta kepada seluruh peserta Musrenbang untuk berperan aktif dalam diskusi dan memberikan masukan, ide dan pendapat untuk menyempurnakan rumusan RPJPD. “Forum ini bisa dijadikan sumbangsih terbaik kita bagi Banyuwangi,” Wabub menambahkan. 

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan yang meliputi anggota DPRD, unsur MUSPIDA, Dinas/ Instansi vertikal dan komponen Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Camat, Lurah, LSM Perguruan Tinggi, Dunia Uasa serta tokoh masyarakat dan kalangan parpol. (Humas)