Banyuwangi Siap Jadi Kabupaten Layak Anak

Banyuwangi – Tampaknya Banyuwangi ingin segera menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Hal ini terlihat dengan   Pengenalan (Inisiasi) Pengembangan Menuju Kabupaten/Kota Layak Anak di aula Rempeg Jogopati, Pemkab Banyuwangi, kamis(23/6). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Banyuwangi dan  BPPKB Provinsi Jawa Timur, dibuka Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko, S.Sos.

Dalam sambutannya, Wabup Yusuf menyambut positif atas program KLA. Wabup juga berharap agar program KLA bisa diarahkan dan dikembangkan sampai tingkat Kecamatan, desa dan kelurahan. “ Muara dari kegiatan KLA adalah keluarga, maka program KLA harus dimulai juga dari lingkungan terdekat keluarga,” ujarnya.

Sementara itu,  Kabid Kelembagaan Pengarus Utamaan Gender Dan Anak (PGU/PGA) BPPKB Pemprov Jatim, Dra. Dwikendrowardani Danukusuma, MM, dalam pengantarnya mengungkapkan kalau  inisiasi ini terjadi  atas permintaan Bupati Banyuwangi yang sangat ingin  agar Banyuwangi bisa segera mewujudkan KLA. KLA sendiri adalah sistem pembangunan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam kebijakan dan program untuk pemenuhan hak-hak anak. Dalam KLA, kata Dwikendro prinsip yang diusung adalah mewujudkan kepentingan yang terbaik  untuk anak, pemenuhan hak-hak anak dan penghargaan terhadap pendapat anak. Semuanya itu bisa terwujud jika ada komitmen politis serta langkah-langkah konkrit yang diwujudkan dalam Rencana Aksi Daerah (RAD). “ Jadi untuk mewujudkan KLA, harus ada komitmen yang tegas dan jelas dari pemkab/pemkot. Selain itu LSM dan organisasi lain yang terkait bisa bekerjasama dalam mendukung hal ini. Kalangan pengusaha juga bisa  berperan dalam KLA melalui program CSRnya,” tambah Dwikendro.  Acara ini dihadiri oleh para kepala dinas/instansi pemkab Banyuwangi, unsur LSM Peduli Anak dan dari Polres Banyuwangi, selain itu  juga turut hadiri istri bupati Banyuwangi ibu Dhani Azwar Anas. (Humas)