Banyuwangi Siap Berangkatkan 25 KK Calon Transmigran Ke Sulawesi Tengah

BANYUWANGI – Guna mempersiapkan pemberangkatan 25 KK (Kepala Keluarga) calon transmigran tujuan Tojo, Una-Una,  Sulawesi Tengah , Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyuwangi mengadakan pembekalan bagi para calon transmigran pada Minggu pagi (18/9), di Gedung Pramuka.

Kepala Bidang Transmigrasi Dinsosnakertrans Kab. Banyuwangi, Setyo Utomo didampingi Kepala Balai Besar Latihan Ketransmigrasian  (BBLK) Yogyakarta, Ismantoro Riyadi, menjelaskan transmigrasi kali ini adalah Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM). Yaitu transmigrasi selain didanai dari dana pribadi masing-masing , juga mendapatkan dana bantuan dari pemerintah. Selain itu mereka yang berangkat kali ini memang ingin mengikuti program transmigrasi atas kesadaran sendiri. "Keinginan bertransmigrasi datang dari inisiatif mereka sendiri dan mengajukan diri supaya diikutkan transmigrasi ke Sulawesi. Tanpa ada paksaan dari siapapun," papar Setyo Utomo.

Ditambahkan Setyo, sebetulnya yang mendaftar cukup banyak, termasuk yang minta diberangkatkan ke daerah lain selain Sulawesi. Namun dari hasil seleksi Dinsosnakertrans hanya 25 KK, sementara transmigran yang minta diberangkatkan ke daerah lain masih dalam daftar tunggu.

Sebelum diberangkatkan ke lokasi tujuan transmigran, para transmigran ini dibekali pelatihan yang didanai oleh BBLK Yogyakarta ini. Mereka yang dilatih adalah bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak. Para bapak dilatih dilatih tentang PDU (Pelatihan Dasar Umum) plus Kewirausahaan,  para Ibu dibekali tentang PHP (Pengolahan Hasil Pertanian ) Plus Kewirausahaan, sedangkan anak-anak diberi beberapa mata pelajaran. Pemandu yang mengisi pelatihan berasal dari BBLK Yogyakarta sebanyak 3 orang, dari Propinsi Jawa Timur sebanyak 2 orang dan dari kabupaten Banyuwangi  sebanyak 1 orang.

Mereka dijadwalkan mengikuti pembekalan sekaligus pelatihan ini dari tanggal 17 – 23 September 2011. Pada hari terakhir pembekalan,  mereka akan langsung diberangkatkan dengan menggunakan bus menuju ke Surabaya. Dari Surabaya mereka akan menyeberang dengan menggunakan kapal laut ke daerah tujuan, berasama-sama dengan calon transmigran asal Jombang dengan tujuan yang sama. Jadi jika digabung, jumlah keseluruhan calon  transmigran asal Banyuwangi dan Jombang sebanyak 50 orang. (HUMAS)