Banyuwangi Raih Penghargaan Empat Terbaik Penggerak Koperasi Se-Indonesia

Jakarta -  Kabupaten Banyuwangi ditetapkan sebagai urutan keempat terbaik dari seluruh kabupaten/ kota se-Indonesia dalam menggerakkan koperasi. Penghargaan tersebut  diserahkan secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Syarifudin Hasan kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pada Rabu (13/7 ) di Gedung Semesco UKM di Jalan Gatot Subroto, jakarta Pusat, bersama 28 kabupaten lainnya.

“Untuk mendapatkan penghargaan nasional tersebut tidaklah mudah,” ujar Ikrori Hudanto,  Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang mendampingi Bupati Anas dalam penyerahan penghargaan tersebut. “Kriteria yang ditentukan Kementrian Koperasi dan UKM sangat banyak, salah satunya adalah penilaian administrasi, kebijakan bupati terhadap koperasi, dan kiat maupun dorongan bupati terhadap koperasi agar ikut menumbuhkan ekonomi rakyat,”jelas Ikrori, sambil menerangkan bahwa masih banyak pula kriteria lain yang dilakukan dengan independen dan sangat ketat.

Penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya diterima Banyuwangi di bidang koperasi. Menurut Ikrori karena dianggap berprestasi dalam mengembangkan dan memberdayakan koperasi wanita (kopwan), Gubernur Jawa Timur, Soekarwo akan menambahkan bantuan modal kepada kopwan di Banyuwangi. (Humas)