Banyuwangi Juara Indonesia Hijau Jatim

Surabaya – Program Banyuwangi Green and Clean (BGC) yang gencar dilaksanakan oleh Kabupaten Banyuwangi ternyata mendapatkan tanggapan yang positif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Hal ini terbukti dengan berhasilnya Kabupaten Banyuwangi menyabet penghargaan sebagai juara kedua dalam program Menuju Indonesia Hijau Jatim. Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Jatim Soekarwo kepada Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko, pada puncak peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa (HCPS) di Kawasan Pasar Puspo Agro Jemundo, Sidoarjo, Kamis (2/12).

Kabupaten Banyuwangi menempati posisi sebagai juara kedua dibawah Kabupaten Ngawi yang menempati posisi pertama. Sedangkan posisi ketiga diraih oleh Kabupaten Lamongan. Penghargaan yang diterima Kabupaten Banyuwangi merupakan hasil penilaian lomba “ Menuju Indonesia Hijau” Jatim oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim. Dari hasil penilaian tersebut Banyuwangi dianggap sebagai Kabupaten yang memiliki komitmen tinggi untuk menghijaukan daerah. Terutama dengan adanya program Banyuwangi Green and Clean (BGC).

BGC dianggap mampu mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Selain itu BGC juga ikut menyukseskan program penanaman pohon satu miliar yang digagas oleh pemerintah pusat. Hal lain yang menjadi nilai plus Kabupaten Banyuwangi adalah kebijakan Bupati Anas yang melarang pemotongan pohon dengan alasan apapun. Hal itu berlaku bagi kalangan pemerintah maupun swasta dan masyarakat umum. “ Membangun gedung atau mempercantik kantor tidak harus dengan memotong pohon, kalau perlu setiap kantor ditutupi oleh pohon-pohon besar agar tampak asri,” ujar Bupati Anas. (Humas dan Protokol)