Banyuwangi Buru Rumah Tak Layak Huni Warga Miskin

Banyuwangi – Program pengentasan kemiskinan terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Di antaranya dengan melakukan bedah rumah warga miskin. Salah satu rumah yang dibedah adalah kediaman ibu Asnapah. Warga Dusun Panggang, Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah.

Bupati Anas menerangkan program ini dilakukan secara bergotong royong dengan banyak pihak. Anas menyadari tidak mungkin menangani masalah kemiskinan ini hanya dengan tangan pemkab. 

Selain itu, Anas telah mendelegasikan ke tingkatvdesa untuk program bantuan yang bersifat primer bagi warga miskin. Seiring iu, imbuh dia, pemkab menambah dana transfer daerah ke desa untuk membantu pengangan kasus-kasus yang butuh penanganan cepat.

Pada tahun 2017 ini, pemkab telah memberikan instruksi kepada desa untuk mengalokasikan anggaran bedah rumah bagi warganya. Tercatat APBdes telah menganggarkan Rp 9,1 miliar untuk merenovasi 969 rumah tak layak.

“Suami dan dua orang anaknya telah meninggal. Sekarang tinggal saudara iparnya, Samih, yang juga tinggal sendiri,” ungkap Astorik.

“Agar lebih nyaman tinggal berdekatan dengan keluarga. Selain itu, juga lebih mudah untuk memantau perkembangannya. Karena keduanya merupakan janda lanjut usia yang harus dibantu,” pungkas Astorik. (*)