Banyuwangi Borong Juara MTQ ke 24 Tingkat Jawa Timur

BANYUWANGI–  Ini prestasi yang patut diacungi jempol bagi kontingen Banyuwangi diajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an  (MTQ) Tingkat provinsi Jawa Timur, yang Ke 24 di Madiun (19-26/6). Dalam ajang yang diikuti seluruh kabupaten / kota se Jawa Timur, Banyuwangi berhasil memborong juara dalam beberapa kategori. Diantaranya, Juara I  Pawai Ta’aruf.  Juara I, Tilawah Dewasa Putra, yang di menangkan Samsul Arifin dari Wongsorejo. Juara III Tilawah Tunanetra Putra, Juara III MKQ Dekorasi. Juara Harapan II, Tilawah Anak-anak Putra. Juara Harapan II, Tilawah Tunanetra Putri. Juara Harapan II, produk Unggulan Banyuwangi, seperti souvenir, kerajinan dan makanan khas Banyuwangi.

Keberhasilan kontingen Banyuwangi ini, menurut  Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an, (LPTQ) Sekkab Drs Ec. Sukandi, berkat persiapan yang matang jauh sebelum mengikuti lomba. Bahkan, selama tiga bulan ini para kafilah digembleng dan dikarantina langsung oleh Kementrian Agama Kabupaten Banyuwangi, sebagai persiapan mengikuti MTQ. “Dan Alhamdulillah kita berhasil meraih juara. Itu semua juga berkat dukungan dan doa restu masyarakat Banyuwangi. Untuk ajang MTQ yang akan datang rencananya digelar di Kota Surabaya,” terang Sekkab.

Penutupan MTQ yang di gelar di Stadion Wilis Kota Madiun, Minggu (26/) ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. Syaifullah Yusuf. Dalam kesempatan tersebut Gus Ipul sapaan Wagub Jawa Timur sempat menitipkan pesan kepada seluruh hadirin, agar ajang MTQ tersebut bisa mempererat tali silahturahim antar sesama muslim. Selain itu, juga bisa mengambil hikmah dan maknanya dari ayat-ayat suci Al- Qur’an yang dibawakan para qori dan qoriah

MTQ yang diadakan tiap dua tahun sekali ini sangat meriah, nyaris semua kontingen dari Jawa Timur hadir ,dan masyarakat Kota Madiun tumplek blek di stadion kebanggaan masyarakat Madiun ini. Sebelum prosesi acara, para pemenang diarak keliling stadion dengan menggunakan andong (kereta kuda). Menandai ditutupnya prosesi acara Gus Ipul didampingi Walikota Madiun , H. Bambang Irianto, SH menekan tombol sirene diikuti pelepasan ribuan petasan kembang api ke udara. Tak pelak kota Madiun malam itu larut dengan bunga-bunga api MTQ. Sebagai puncak acara, masyarakat juga dihibur artis ibukota Wali Band, dengan lagu-lagu rohani. (HUMAS)