Asyiknya Ridwan Kamil dan Keluarga Lihat Api Biru Spektakuler Kawah Ijen di Banyuwangi


BANYUWANGI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga menghabiskan liburan akhir tahun di Banyuwangi, Jawa Timur. Mantan wali kota Bandung itu mengunjungi sejumlah destinasi, mulai dari Taman Gandrung Terakota, menyantap kuliner lokal, hingga Kawah Ijen.

Bersama seluruh keluarganya, Ridwan Kamil mendaki Gunung Ijen pada Kamis dinihari (26/12/2019). Gunung Ijen memiliki kawah yang terletak di ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut di puncak gunung. Ini adalah danau kawah asam terbesar di dunia dengan kedalaman sekitar 200 meter yang diisi enam juta liter larutan asam, dan lebarnya mencapai 5.466 hektar. Dari sana memancar fenomena api biru (blue flame) yang telah mendunia. 

”Bisa lihat blue flame rasanya terpuaskan. Alhamdulillah, senang banget bisa lihat blue flame,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, kepada media.

Kang Emil menilai Kawah Ijen sebagai salah satu destinasi dengan panorama alam sangat indah. Pendakiannya pun relatif mudah. Meski tetap menguras tenaga, rasa lelah itu terbayarkan dengan keindahan panorama di puncak gunung serta fenomena blue flame yang memukau. 

Mengenakan kaus warna biru, Ridwan Kamil tampak asyik berfoto di puncak Gunung Ijen, baik berlatar sunrise maupun api biru. Sesekali duduk di antara bebatuan dan berpose dengan merentangkan tangan bersama seluruh anggota keluarga.

Menurut Kang Emil, mendaki Gunung Ijen untuk melihat api biru juga merupakan perjalanan yang layak dicoba oleh keluarga Indonesia, karena bisa memperkuat kebersamaan di antara anggota keluarga. 

”Kan butuh waktu itu mendaki. Dalam perjalanan, ada quality time dengan keluarga. Anak-anak bisa saling curhat dengan orang tua. Ini perjalanan yang berharga buat saya,” ujar Kang Emil yang membawa dua anaknya.

Terkait rute, sembari berseloroh, dia menyebut pendakian ke Gunung Ijen membuatnya berani melahap tangga-tangga tinggi. 

”Lihat tangga jadi biasa, sudah kuat,” kata Kang Emil sambil melihat susunan tangga yang lumayan tinggi di Taman Gandrung Terakota, destinasi di Banyuwangi dengan ratusan patung penari gandrung di lansekap persawahan.

Gunung Ijen sendiri memang selalu dijubeli wisatawan. Tiap tahun, hampir 200.000 wisatawan mendaki menyaksikan api biru Kawah Ijen. Sejumlah pesohor yang pernah menyaksikan mulai dari Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menkeu Sri Mulyani, hingga mantan Gubernur BI Agus Martowardojo. 

”Pemandangannya indah nan spektakuler. Kalian tidak akan menyesal,” ujar Menkeu Sri Mulyani saat melihat fenomena api biru Kawah Ijen pada Maret 2018 lalu. 

Beberapa selebritas Indonesia pun kerap berburu fenomena api biru tersebut. Karena keindahannya, berbagai brand nasional dan internasional juga sering memakai latar Kawah Ijen untuk pengambilan iklan komersial. (*)