ANTISIPASI HAMA PADI , PETANI WAJIB TANAM POLOWIJO

CLURING -  Akhir – akhir ini para petani diresahkan dengan adanya hama penyakit yang menyerang tanaman padi mereka, terutama hama wereng coklat. Sehingga banyak petani di wilayah Kecamatan Cluring nyaris gagal panen. Untuk itu pemerintah Kecamatan Cluring mengadakan kesepakatan bersama antara Camat Cluring, Kepala Desa, Juru Pengairan, Mantri Pertanian, PPL dan gapoktan  ( gabungan kelompok tani ), serta gabungan Hippa, untuk mencari solusi agar masa tanam berikutnya dapat berhasil dengan baik.

Sesuai hasil kesepakatan bersama, Camat Cluring Ir Sugiyo Dermawan, SAP, MSi menyampaikan untuk masa tanam berikutnya para petani diwajibkan untuk menanam polowijo seperti, kedelai, jagung dan kacang . "Hal ini ini bertujuan untuk memutuskan siklus hama penyakit yang menyerang pada tanaman padi, khususnya hama wereng coklat,"ujarnya.Selanjutnya masa tanam juga akan di atur secara bergiliran. Misalnya pada masa tanam tahun 2012 nanti, petani menanam padi- padi-polowijo. 

Mendengar arahan Camat, para petani berharap kepada Pemerintah Daerah apabila memberikan bantuan bibit pertanian  supaya disesuaikan dengan pola tanam di Kecamatan Cluring, sehingga bantuan dimaksud tidak mubadzir,” imbuhnya. (idha adha).