Ajak Warganya Olahraga, Banyuwangi Gelar Turnamen Bola Voli Antar Kampung Diikuti 700 Lebih Tim dari Seluruh Desa

BANYUWANGI -  Pemkab Banyuwangi menghidupkan kembali olahraga bola voli.  Lewat turnamen bola voli antar kampung se-Bumi Blambangan, ratusan tim voli dari 189 desa dan 28 kelurahan se-Banyuwangi akan bertanding menurunkan tim voli terbaik-nya. 

Turnamen bola voli tersebut akan digeber besok, Sabtu malam (7/3/2020). Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas akan membuka turnamen yang baru pertama kali digelar ini di Desa Bagorejo, Kecamatan Srono. 

"Bola voli ini sejak dulu menjadi favorit olahraga warga desa. Kami ingin tradisi olahraga di kampung ini tetap berjalan. Rajin olahraga akan bikin badan bugar. Kalau sudah bugar, daya tahan tubuh kita juga akan kuat. Untuk itu turnamen ini digelar," kata Anas.

Anas menambahkan, selain ingin mengajak warganya gemar berolahraga, turnamen ini digelar untuk memupuk kembali kekompakan warga. Lewat ajang ini, warga diharapkan bisa lebih sering bertemu dan berinteraksi sehingga saling akrab dan kompak.

“Kalau sudah kompak kan enak. Saat ada permasalahan di desa bisa segera dipecahkan bersama, karena komunikasinya sudah terjaga dari sebelumnya. Kekompakan ini akan menjadi modal utama kita membangun desa,” ujarnya.

Peserta turnamen ini adalah tim putra dan putri tingkat remaja hingga dewasa. Total hadiah yang disediakan mencapai Rp 50 juta.

Sementara itu, Kepala Dinas pPemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi Zen Kostolani menjelaskan turnamen akan diawali dengan pertandingan di level desa yang pesertanya adalah tim bola voli antar dusun. Pemenang antar dusun akan mewakili desa, berjenjang hingga bertarung antar kecamatan.

“Pasti meriah, karena bakal ada sekitar 700 tim lebih bertanding untuk menuju final di tingkat kabupaten. Turnamen ini akan berlangsung hingga Juni 2020. Jadwalnya menyesuaikan masing-masing desa,” kata Zen.

Zen membeberkan pada pembukaan besok malam, kompetisi serentak akan dimulai di seluruh wilayah desa dan kelurahan se-Banyuwangi.

"Dipusatkan di Desa Bagorejo. Nanti dari lokasi tersebut, Bupati Anas juga akan menyaksikan pertandingan dari desa lain via video conference. Semua warga desa sangat senang menyambut turnamen ini," jelas Zen.

Video conference akan dilakukan di lima titik desa. Yakni Desa Pengantigan, Kecamatan Rogojampi; Desa Grogol, Kecamatan Giri; Desa Telemung, Kecamatan Kalipuro; Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo; dan Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo. (*)