2.512 Pelajar Ramaikan Turnamen Futsal Wabup Cup 2020 Banyuwangi

Banyuwangi – Sebanyak 2.512 pelajar mulai tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi se-Banyuwangi mengikuti Turnamen Futsal Wakil Bupati (Wabup) Cup 2020. Turnamen tersebut dibuka Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, Kamis (9/1/2020), di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tawang Alun, Banyuwangi.

Wabup Yusuf mengatakan, turnamen yang rutin digelar sejak tahun 2016 tersebut menjadi ajang untuk mencari bibit-bibit unggul di cabang olah raga futsal.

“Turnamen ini melombakan kategori SD hingga umum. Harapan kami, dari sini bisa muncul pemain-pemain futsal potensial yang bisa mewakili Banyuwangi di ajang yang lebih tinggi,” kata Yusuf, saat membuka acara.

Dalam kesempatan itu, Yusuf mengajak para atlet untuk terus menggelorakan semangat cinta olahraga.

“Olahraga ini wahana terbaik untuk membangun kebugaran, disiplin, serta kesehatan emosional. Mari terus gelorakan semangat berolahraga agar generasi muda kita selalu sehat,” ajaknya.

Yusuf juga mengimbau agar para atlet selalu menjunjung tinggi sportifitas selama turnamen berlangsung. “Olahraga jangan sampai memantik perpecahan. Sportifitas harus selalu kita kedepankan,” ujar Yusuf.

Sementara itu, Ketua Panitia Wabup Cup 2020, Heru Kusbianto, menambahkan turnamen ini akan digelar pada 9-25 Januari 2020 mendatang di GOR Tawang Alun, Banyuwangi.

Pada kegalarannya yang ke-4 ini, Wabup Cup diikuti 2.512 pelajar se-Banyuwangi, mulai tingkat SD hingga umum. “Mereka tergabung dalam 225 tim putra dan putri,” kata Heru.

Heru lantas menjelaskan, sebanyak 225 tim tersebut terdiri dari 204 tim putra dan 21 tim putri. Adapun tim putra rinciannya, 44 tim SD, 54 tim SMP, 62 tim SMA, serta 44 tim umum.

“Tahun ini jumlah tim putri kita semakin banyak. Ini artinya, olah raga futsal kian digandrungi oleh masyarakat Banyuwangi. Lewat ajang ini, semoga kita bisa menjaring lebih banyak atlet futsal handal, tak terkecuali atlet putri,” ujarnya.

Ribuan atlet tersebut akan bertanding secara ketat untuk memperebutkan total hadiah senilai Rp. 50 juta. “Setiap hari akan ada 16 pertandingan. Masing-masing tim akan melewati babak penyisihan dan sistem gugur,” pungkas Heru. (*)