13.399 Ketua RT/RW Terima Insentif

BANYUWANGI – Sebagai wujud penghargaan terhadap  Ketua Rukun Tetangga (RT)  dan Ketua Rukun Warga (RW), Pemkab Banyuwangi memberikan insentif kepada seluruh RT/RW se Kabupaten Banyuwangi. Tidak tanggung-tanggung dana yang dikucurkan untuk 13.339 RT/RW sebesar Rp 8 miliar.

Penyerahan insentif secara simbolis diwakili Kecamatan Banyuwangi oleh Bupati Abdullah Azwar Anas kepada perwakilan ketua RT/RW, di kantor Kecamatan Banyuwangi Kota, Sabtu (20/8).

Saat penyerahan tersebut, Bupati Anas berpesan kepada RT/RW agar bisa meningkatkan kinerjanya setelah menerima insentif. Ketua RT/RW juga diharapkan Bupati dapat mendukung semua program Pemkab khususnya dalam masalah pengurangan kemiskinan di wilayahnya masing-masing. "Karena saat ini program kemiskinan menjadi perhatian utama Pemkab," tandas Bupati.

Menurut Bupati Anas, RT/RW sangat berperan dalam program pengentasan kemiskinan. Karena RT/RW merupakan ujung tombak pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Oleh karenanya, lanjut Bupati, ketua RT/RW segera melakukan validasi data Rumah Tangga Miskin (RTM) yang ada di wilayahnya masing-masing. “ Untuk itu, saya minta Ketua RT/RW sehera menyerahkan data penduduk miskin yang ada di wilayahnya, sebelum mencairkan dana insentif kali ini,”  ujar Bupati Anas.

Selain memberikan wejangan kepada para RT/RW, Bupati juga minta masyarakat untuk menyisihkan seribu rupiah setiap bulannya untuk saudaranya yang miskin. Bupati juga minta Camat segera membentuk Tim Koordinasi Pengentasan Kemiskinan (TPPK) yang diteruskan kepada Kepala Desa untuk membentuk satuan tugas khusus (satgas) pengentasan kemiskinan.

Selain simbolis menyerahkan insentif kepada RT/RW, Bupati juga menyerahkan bantuan plesterisasi kepada 1000 RTM. Tahun 2011 ini dana yang disediakan untuk program tersebut sebesar Rp 1 miliar. (Humas)