PERAN PENTING PENGAWAS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

10-12-2010

     Banyuwangi-Pengawas sekolah yang sebelumnya disikapi sebagai posisi terpinggirkan , sekadar pelengkap peran dalam dunia pendidikan sebenarnya adalah sebuah posisi yang strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini diungkapkan Bupati Banyuwangi H. Abdullah Aswar Anas, Msi ketika membuka Diklat Pengawas Sekolah 2010. Rabu (8/12) di Balai Diklat Licin.

Karena guru dan pengawas adalah kelompok paling profesional dalam memahami peluang,tantangan kekuatan dan kelemahan yang dihadapi setiap lembaga pendidikan dalam upaya merancang dan mengembangkan pendidikan. upaya ini sejajar dengan Visi dan misi saya yang akan meningkatkan kecerdasan dan kualitas SDM yang beriman dan bertaqwa kehadirat Allah SWT.” jelas Bupati Anas.

Diuraikan lebih lanjut oleh Bupati, pendidikan bukan saja tanggung jawab guru namun juga dibutuhkan peran dari orang tua siswa sendiri. Namun secara kelembagaan, sekolah merupakan sarana formal yang dirancang untuk merealisasikan Pasal 31 UUD’45  yakni setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran yang bermutu serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya. Dan pengawas sekolah menjadi mata rantai yg sangat penting untuk mendorong sistem belajar yang bermutu.

Dalam  kesempatan itu Bupati mengingatkan peserta diklat maupun pendidik lainnya, prestasi guru dan kepala sekolah bukan hanya ditentukan dari nilai akademis yang diraih oleh siswa dalam pendidikan namun juga penyerapan nilai moral dan akhlak diperolehmya.(*)