Pemkab Fasilitasi Seminar Penelitian 11 Perguruan Tinggi Di Banyuwangi

14-11-2012

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi melalui  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memfasilitasi kegiatan seminar penelitian yang melibatkan  11  Perguruan Tinggi (PT)  di Banyuwangi, Selasa (13/11). Kegiatan yang berlangsung di aula Rumah Sakit Islam Fatimah tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko.

Dalam sambutannya, Wabup Yusuf mengatakan, peran utama PT adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Peran penting lain dari PT adalah untuk mengembangkan riset dan teknologi untuk menjawab berbagai persoalan dan tantangan pembangunan daerah yang makin meningkat.

Wabup menilai, di sinilah peluang dan tantangan bagi PT dan para peneliti untuk menggali dan mengoptimalkan potensi Banyuwangi. Wabup menegaskan, pemkab akan terus berupaya membuka ruang bagi peningkatan investasi, dimana hal ini juga menjadi tanggung jawab bagi civitas akademika PT di Banyuwangi. Karena untuk mencapai kemajuan, diperlukan kerja bareng antara pemkab, PT, swasta dan seluruh komponen masyarakat.

Kegiatan seminar hasil penelitian ini diantaranya diikuti oleh UNIBA (Universitas Banyuwangi), Untag (Universitas 17 Agustus Banyuwangi), UBI (Universitas Bhakti Indonesia), STIKOM (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer), Akademi Kelautan Banyuwangi (AKABA), dan lain-lain. Dari 11 PT tersebut, ada 12 macam penelitian  yang khusus membahas  pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.Antara lain meneliti tentang UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), pemanfaatan limbah, teknologi tepat guna dan pengenalan teknologi internet di desa.

Selain dihadiri oleh Wabup Yusuf, kegiatan ini juga diikuti oleh Sekkab Slamet Kariyono, para asisten, staf ahli dan pejabat komponen Pemkab Banyuwangi. Selain itu hadir pula Prof. Dr. Wani Hadi Utomo,MS dan DR. Arman W. Tucunan, MSi dari Dewan Riset Daerah Propinsi Jawa Timur, DR. Himawan Estu Bagijo, MH dari Badan Litbang Propinsi Jatim, dan  para rektor PT di Kabupaten Banyuwangi beserta Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dan Ketua Tim Peneliti. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai 13 - 14 November. (Humas & Protokol)