Disperindag Gelar Bazaar Produk IKM

21-10-2012

alt

BANYUWANGI – Semarak perayaan hari Jadi Jawa Timur ke 67 di Banyuwangi masih berlangsung. Salah satunya dengan adanya bazaar produk Industri kecil dan menengah (IKM) yang diselenggarakan  oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan. Bazaar tersebut berlangsung di ruang terbuka Kantor Disperindagtam di Jalan A. Yani, mulai hari Jumat tanggal 19 sampai dengan Minggu, 21 Oktober 2012. Aneka produk baik makanan olahan maupun  kerajinan dan batik khas Banyuwangi ditawarkan bagi para pengunjung yang datang.

Kepala Disperindagtam Ir. Hary Cahyo Purnomo mengatakan bazaar tersebut sengaja digelar masih dalam rangka perayaan hari jadi Propinsi Jawa Timur yang ke-67. Tidak hanya Kabupaten Banyuwangi, namun seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur juga melaksanakan bazaar serupa. “Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memperluas pasar dalam negeri bagi produk-produk IKM,” kata Hary saat memberikan laporan pada pembukaan bazaar pada Jumat (19/10).

alt

Produk-produk yang dipamerkan dalam bazaar, lanjut Hari terdiri atas tekstil baik batik ataupun garmen. Selain itu kerajinan seperti  anyaman bambu serta makanan dan minuman khas Banyuwangi juga ikut ditawarkan. “Semua peserta bazaar merupakan binaan Disperindag,” terangnya.

Sementara itu Asisten Administrasi Pemerintahan, Abdullah berharap dengan adanya bazaar bisa memacu ekonomi kreatif di Banyuwangi. Selain itu bazaar juga bisa memperbesar pasar bagi para pelaku IKM. “Ini adalah salah satu media pemasaran yang baik dan efektif bagi pelaku IKM, maka harus dimanfaatkan dnegan sebaik-baiknya,” tutur Abdullah.

Pembukaan bazaar produk IKM tersebut turut dihadiri oleh Kepala Sub Direktorat IKM, Kementrian Perdagangan dan Industri Wilayah 2, Nazarudin Yunus, Ketua Asosiasi IKM se- Kabupaten Banyuwangi serta para pimpinan SKPD dijajaran Pemkab. (Humas Protokol)