Di Depan TMP, Ibu-ibu Memasak Hidangan Berbuka Puasa

14-08-2012

alt

BANYUWANGI – Jalanan di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria mendadak ramai oleh ibu-ibu yang memasak berbagai hidangan menjelang  saat berbuka puasa, Senin kemarin (13/8). Para ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak (TP)  PKK Kabupaten Banyuwangi tersebut sengaja berkumpul sembari  menyiapkan hidangan buka puasa bagi 200 anak yatim di Kecamatan Kota Banyuwangi.

alt

Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Banyuwangi, Ny Dani Azwar Anas, kegiatan ini sengaja digagas oleh TP PKK karena didasari rasa ingin berbagi dengan sesama. “Apalagi dengan acara ini kami juga menggalakkan upaya pelestarian budaya lokal melalui makanan tradisional yang kami masak,” jelas Ny Dani. Para ibu yang berasal dari 28 kelurahan yang tersebar di Kecamatan Giri, Glagah, Kalipuro dan Banyuwangi itu, ujar Ny Dani, memasak masakan khas Banyuwangi. Di antaranya  sayur klenthang, kelor, telur cit, dan pelasan. Selain ada pula perkedel, dadar jagung, ayam goreng, mie goreng, krupuk dan sambal.

Disela proses memasak, Ny Dani didampingi  Ny Minuk Yusuf Widyatmoko dan Ny Susi Slamet Kariyono juga berkeliling ke stand – stand tempat para ibu memasak untuk beramah tamah. Dan begitu adzan maghrib berkumandang, hidangan yang telah dimasak tadi langsung dibagikan pada para anak yatim untuk disantap sebagai hidangan berbuka puasa.

Acara ini tidak hanya diramaikan oleh kaum ibu. Para bapak pun juga turut memeriahkan acara yang juga diliput oleh JTV, salah satu stasiun televise di Jawa Timur ini. Di antaranya Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, anggota Forum Pimpinan Daerah, Sekkab Slamet Karyono beserta  para anak yatim piatu. (Humas & Protokol)